10 Mitos Tentang Nama Domain

Jangan lupa untuk share artikel ini:

Halo blogger!

Anda masih ingat kan sebelumnya saya pernah membahas tentang tips memilih nama domain untuk blog. Pada kesempatan kali ini saya ingin menambahkan sedikit pengetahuan tentang domain. Memilih domain yang bagus untuk blog pasti selalu akan dibayang-bayangi dengan berbagai macam tips dan pegetahuan-pengetahuan simpang siur tentang nama domain.

Saya ingat saya membaca sebuah posting tetang cara memilih domain setelah membaca sampai selesai, saya memperhatikan komentar-komentar yang ada pada posting tersebut. Ada satu komentar yang nempel sekali di kepala saya yaitu “I’m about starting a new blog, but really hard on picking a great domain for it. I’ve read so many articles about picking or choosing domain names but it seems too many information out there that I don’t really know which ones is true. Do you have suggestions about it?” Dari komen tersebut saya jadi berpikir seberapa banyak pembaca blog saya yang mengalami kesulitan yang sama dengan orang yang meninggalkan komentar tersebut.

Internet adalah tempat untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan dengan cara yang sangat cepat dan bersifat bebas. Kebebasan inilah yang perlu kita perhatikan menyangkut dengan kebenaran informasi yang kita akan serap. Sangat mungkin sekali terjadi kesalahan penyebaran informasi. Begitu juga dengan informasi mengenai domain, sehingga terdapat mitos yang bermunculan menyangkut topik domain ini. Saya akan coba berikan sebuah list mitos tentang nama domain yang perlu anda ketahui.

10-mitos-tetang-nama-domain

Apa saja sih mitos tentang nama domain yang beredar untuk tidak anda ikuti atau percayai?

#1 DOMAIN .COM ADALAH NAMA DOMAIN PALING BAIK DARI DOMAIN LAINNYA

Ini sama sekali tidak benar. Melihat terdapatnya banyak sekali artikel dan e-book yang memberikan nilai plus terhadap domain dengan ekstensi .com memunculkan persepsi “kalau cari nama domain, lihat ketersediaan dari domain .com saja karena lebih baik dari ekstensi nama domain lainnya”.

Yang memunculkan persepsi bahwa nama domain menggunakan ekstesi .com lebih baik biasanya kalimat-kalimat seperti yang saya kutip dari sebuah e-book milik seorang internet marketer Indonesia pada gambar dibawah ini:

nama domain

Diikuti dengan kalimat seperti ini:

nama domain

Karena kalimat-kalimat seperti inilah banyak persepsi muncul bahwa domain dengan ekstensi .com menjadi lebih baik dari pada ekstensi lainnya.

Lebih parahnya lagi banyak yang berasumsi bahwa ekstensi domain menggunakan .COM lebih SEO-friendly dan nama domain yang menggunakan ekstensi selain .COM akan sulit untuk muncul di halaman 1 Google. Hal ini tentu saja sama sekali tidak benar! Lihat gambar berikut ini:

nama-domain-serp-net

Bila anda perhatikan, domain .net pada blog Pro Blogger milik Darren Rowse muncul pada halaman 1 SERP dengan peringkat yang baik.

Kenyataannya ekstensi domain apapun memiliki peluang yang sama untuk berkembang menjadi sebuah website atau blog yang memiliki kualitas yang baik dan terpercaya. Begitujuga dengan peluang hasil untuk muncul pada SERP (Search Engine Result Page).

Jadi, apakah anda bisa meregistrasi nama domain dengan menggunakan ekstensi lain selain .COM? BISA. Apakah ekstensi domain lain sama baiknya dengan ekstensi .COM? SAMA.

#2 MELAKUKAN REGISTRASI TERHADAP SEBUAH NAMA DOMAIN MEMBUAT ANDA MENJADI MEMILIKI NAMA DOMAIN TERSEBUT

Ketika kita meregistrasi sebuah nama domain kita TIDAK memiliki domain tersebut. Kenapa? karena yang kita lakukan saat meregistrasi nama domain adalah membeli hak pakai atau menyewa domain pada jenjang waktu tertentu (biasanya tahunan), dimana pada akhir periode registrasi kita mempunyai pilihan untuk memperpenjang registrasi atau tidak. Lalu siapa yang memiliki domain? ICANN ( The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) adalah organisasi yang bertanggung jawab untuk me-manage nama-nama domain.

#3 MELAKUKAN REGISTRASI SEBUAH NAMA DOMAIN MEMBUAT ANDA MEMILIKI TRADEMARK TERHADAP NAMA YANG DIGUNAKAN SEBAGAI NAMA DOMAIN ANDA

Trademark dan/atau copyright terhadap suatu nama sama sekali tidak ada hubungannya dengan domain. Anda harus ingat betul hal ini.

Banyak yang salah pengertian dimana domain menjadi sebuah patokan dalam menentukan nama brand. Pernah suami saya mengobrol dengan salah seorang pengusaha, ketika ditanya kenapa memilih nama brand Orange (nama brand disamarkan) sebagai nama brandnya. Dengan cepat pengusaha tersebut menjawab “saya lihat nama domain yang tersedia dari pilihan-pilihan nama brand saya hanya nama ini yang ada .com-nya pak.

Lagi-lagi tersangkut dengan mindset .COM. Ironinya ketika saya menanyakan apakah brand yang dia miliki sudah diregistrasi atau belum  malah dijawab belum. Padahal nama domain sama sekali tidak memiliki hubungan dengan copyright, registered, atau trademark. Bisa saja ada orang yang juga memiliki brand dengan nama Orange lalu memiliki sebuah website dengan domain orange.co atau orange.net malah sudah melakukan registrasi terhadap merk atau brandnnya secara sah dengan menggunakan badan hukum.

Lalu apakah berarti kita bisa melakukan registrasi dengan sebuah trademark yang sudah ada? Contoh: bila anda melakukan registrasi dengan nama seperti ideasforlife.com atau imlovinit.com atau thisisthepowerofnetwork.com, saya yakin Panasonic, McDonalds, dan CISCO pasti akan menghampiri anda untuk mengatakan sesuatu.

Pilih domain yang belum terregistrasi paten atau copyright-nya, dan bila blog anda atau bisnis anda berkembang dengan baik dan besar jangan lupa untuk mem-patenkan namanya.

#4 ANDA TIDAK DAPAT REGISTRASI NAMA DOMAIN YANG SUDAH “TERREGISTRASI”

Ada yang pernah tanya “Mbak, kalau domain sudah diambil orang berarti kita harus cari lagi sampai ada yang tersedia ya?”, jawabannya tergantung dengan siapa yang meregistrasi.

Ketika yang meregistrasi adalah individu atau perusahaan yang menggunakan nama tersebut sebagai brand atau merk-nya lalu website sudah berjalan dan bisnis atau blognya sudah berkembang mungkin anda harus mencari nama yang lain.

Teteapi ketika yang melakukan registrasi adalah individu perusahaan yang memang bisnisnya melakukan jual beli domain, anda masih bisa meregistrasi dengan nama domain tersebut dengan cara menghubungi individu atau perusahaan yang bersangkutan.

Contoh lihat gambar dibawah ini:

nama-domain-sedo

nama-domain-flippa

SEDO dan FLIPPA adalah dua buah perusahaan ternama yang melakukan model bisnia jual, beli, dan lelang domain. Apakah domain yang di perjual-belikan dan dilelang disana sudah teregistrasi? SUDAH. Tetapi anda bisa me-reclaim registrasi tersebut dengan membelinya melalui cara dan prosedur yang ditentukan.

#5 JANGAN MENGGUNAKAN DASH ATAU STRIP PADA DOMAIN

Ini salah satu mitos terbesar setelah mitos untuk hanya menggunakan .COM. Banyak yang menginformasikan bahwan domain dengan menggunakan dash atau strip tidak baik untuk search engine dan lain sebagainya.

Selain itu ada juga yang mengatakan anda tidak bisa meregistrasi nama domain dengan menggunakan dash atau strip, karena domain cuma bisa menggunakan huruf saja.

Pada kenyataannya domain bisa diregistrasi dengan menggunakan huruf, angka, dan dash/strip.

Perhatikan gambar berikut:

nama-domain-serp

Terdapat 2 buah website (yang saya lingkari) dengan nama domain yang menggunakan dash atau strip muncul dihalaman 1 SERP Google.

Tentu saja hal ini menepis mitos tentang domain yang menggunakan dash atau strip tidak baik untuk search engine bukan?

#6 MEREGISTRASI DOMAIN ITU MAHAL

Melakukan registrasi domain sangat-sangat murah. Harga domain juga sangat bervariasi, mulai dari USD 0.99 untuk domain yang belum terregitrasi dan sampai lebih dari $1000 untuk domain yang sudah teregistrasi.

Contohnya Namecheap, adalah domain registrar yang sudah menggaung namanya yang menyediakan jasa registrasi domain dengan harga yang murah.

Selain itu anda juga bisa menggunakan iPage atau Bluehost yang memberikan domain gratis bila anda membeli layanan hosting yang mereka sediakan.

#7 SATU-SATUNYA PILIHAN MEMILIH NAMA ADALAH DENGAN MELIHAT NAMA DOMAIN YANG TERSEDIA

Hal ini sama saja dengan poin #4 dimana banyak yang berpikir bahwa kita tdak bisa meregistrasi domain yang sudah diregistrasi.

#8 KEYWORD ATAU KATA KUNCI PADA NAMA DOMAIN TIDAK BERPENGARUH DENGAN SEO

Bila ditanya apakah nama domain dengan memasukan kata kunci berpengaruh atau tidak dengan SEO, jawabannya berpengaruh. Lihat gambar yang saya kutip dari moz.com berikut ini:

nama-domain-moz

Ideally, webmasters should strike a balance between finding a catchy, unique, brand-friendly domain name and having a domain that contains keywords they are trying to target. The benefit of a keyword-rich domain is two-fold. First, the domain name itself is a ranking factor that the engines consider when calculating ranking order. Second, having relevant keywords in a domain name is beneficial because the domain name is the text that other Internet users will use as anchor text when linking. Since keywords in anchor text are an important ranking factor, having these keywords in a domain name can have a positive impact on ranking.

Idealnya web master harus balance dalam memilih  domain yang catchy, unik, dan ramah dengan merk yang mengandung keyword yang ditargetkan. Keuntungan dalam domain yang mengandung keyword ada 2, PERTAMA nama domain sendiri menjadi salah satu faktor rangking yang di pertimbangkan search engine ketika melakukan kalkulasi urutan ranking. KEDUA, memiliki keyword yang relevant pada domain itu menguntungkan karena nama domain adalah text yang digunakan pengguna internet lain sebagai anchor text saat membuat link. Keyword dengan anchor text adalah faktor penting dalam rangking, memiliki keyword pada domain akan memberikan dampak yang positif pada rangking.

Lihat juga gambar berikut ini:

nama-domain-moz-grafik

 

Namun beberapa tahun terakhir Google telah membuat perubahan untuk mengantisipasi situs tidak berkualitas yang menggunakan kata kunci pada nama domainnya. Memiliki kata kunci pada nama domain tentu saja masih terus bermanfaat untuk rangking teteapi juga memunculkan pengawasan yang lebih ketat efek dari situs tidak berkualitas tadi. Jadi anda harus hati-hati dalam menggunakannya.

#9 JUAL-BELI NAMA DOMAIN ITU MUDAH

Kenapa saya bahas ini? karena ini menyangkut pendapat yang beredar dimana melakukan bisnis jual beli domain itu mudah dan menguntungkan. Padahal tidak begitu.

Kalau anda ingin melakukan bisnis jual beli domain, anda lihat lagi apakah nama domain yang anda pilih benar-benar worth untuk dibeli orang lain? Selain itu anda jug harus menghitung biaya perpanjangan domain selama nama domain yang anda jual belum laku.

Melakukan bisnis jual-beli domain adalah bisnis aktif dimana anda dituntut untuk terus aktif memasarkan nama domain yang anda jual. Melakukan pemasaran yang konsisten dan menarik pembeli tidaklah mudah.

Untuk lebih jelas mengenai jual-beli nama domain anda bisa baca artikel di moz.com tentang jual-beli domain disini.

#10 NAMA DOMAIN HANYA DIGUNAKAN UNTUK WEBSITE SAJA

Apakah membeli nama domain hanya untuk orang-orang yang memiliki website saja? TIDAK. Anda selalu bisa me-redirect nama domain anda ke halaman website tertentu diinternet walaupun halaman tersebut bukan milik anda. Contoh: anda bisa me-redirect nama domain ke sebuah grup milik anda di facebook atau sebuah page yang anda miliki di facebook. Apakah hanya facebook? tentu saja tidak. Anda bisa me-redirect domain anda ke halaman manapun diinternet selama halaman tersebut aktif.

Itulah 10 mitos yang bergaung kencang mengenai nama domain. Apakah anda memiliki tambahan? silakan beritahu saya dihalaman komentar. Termakasih karena telah membaca posting ini, jangan lupa untuk meninggalkan jejak setelah anda selesai membaca. Follow BLOGALAGUE di Facebook dan Twitter.

Selamat beraktifitas!

Seorang web designer, blogger, dan fotografer. Banyak membantu usaha kecil dan individu dalam menyampaikan pesan dan nilai produk yang ingin disampaikan melalui website dan media online. Mulai blogging sejak tahun 2008 dan blogging adalah salah satu passion terbesarnya selain fotografi dan menggambar. Business contact: rahmania.radjadi@blogalague.com.
Jangan lupa untuk share artikel ini:





  1. Kalau saya sih lebih suka pakai nama domain sesuai selera tidak ikut Keyword, lebih mengedepankan Brand
    salam kenal aja , nice post

  2. Ulasan yang super lengkap, kalau saya lebih ke nembak keyword on domain, lumayan walau tidak bagus untuk branding tapi hasilnya bisa memuaskan untuk SEO.

      • Rahmania Radjadi
      • May 29, 2016

      ya menggunakan keyword memang menjadi salah satu pilihan yang masuk pertimbangan ketika memilih nama domain. terlebih lagi ketika terdapat EMD yang tersedia. Namuan untuk masalah branding blogger harus sudah mengerti konsekuensinya masing-masing. 🙂

  3. Mungkin yang berakhiran .com ini tidak hanya familiar bagi Anda atau saya, tetapi banyak orang yang awam terhadap teknologi internet. Selain itu, seringnya malah ada ‘shortcut’ berupa tombol ‘.com’ pada beberapa browser (khususnya mobile) yang biasanya terletak di samping tombol spasi. Hal ini pun turut membuat banyak orang—khususnya pemula atau praktisi dengan berbagai motif—lebih cenderung memilih ke domain dotcom ketimbang yang lain.

      • Rahmania Radjadi
      • May 17, 2016

      ya memang seperti itu, itulah kenapa saya bilang “mindset”. semangat ya bloggingnya! 🙂

  4. Aku lebih suka dot com karena kalo di keyboard tablet udah ada pad khusus untuk .com hihihi

      • Rahmania Radjadi
      • May 16, 2016

      karena .com itu global dan lagi-lagi mindset, kalau lebih suka .com ya sah-sah saja 🙂 semangat ya!

  5. Makasih mak pencerahannya, selama ini saya punya yang co.id dan com
    Tapi rasanya yang co.id itu susah banget naik di google huhu

      • Rahmania Radjadi
      • May 16, 2016

      di Google Webmaster sudah di set geometric targetnya belum? optimasi SEO akan sangat berperan disini 🙂 terbukti ada salah satu blogger di Indonesia yang sering nangkring di halaman satu padahal dia memakai domain .id bukan .com. Semangat ya!

  6. Wah, baru tahu mitos-mitos soalnama domain ini.
    Aku pakai .com karena ngerasa familiar aja saat itu. Belum ngerti a,b,c,d nya.
    Makasih sharingnya Mba

      • Rahmania Radjadi
      • May 17, 2016

      sama-sama 🙂 mudah-mudahan bermanfaat ya!

  7. Terima kasih banyak infonya mak 😀 membantu 😀 banyak yang Hana baru tahu 🙂

      • Rahmania Radjadi
      • May 16, 2016

      sama-sama semoga bermanfaat ya 🙂 semangat ngeblognya!

Comments are closed.




GET SOCIAL WITH BLOGALAGUE

DAPATKAN SEKARANG GRATIS!

SPONSORS

Namecheap.com






LIKE US ON FACEBOOK








error: Konten blog dilindungi !